Sabtu, 18 Februari 2012

SOAL BUNYI

soal bunyi klas viii

1. Apa yang dimaksud dengan bunyi?
2. Jelaskan perambatan bunyi di udara!
3. Adakah perbedaan perambatan bunyi di udara, zat padat, dan zat cair? Jika ada, sebutkan perbedaan-perbedaan tersebut!
4. Ketika terjadi halilintar, kamu lebih dahulu melihat kilatan halilintar tersebut daripada suaranya. Mengapa demikian?
5. Si A mendengar bunyi halilintar 0,5 detik setelah melihat kilatannya. Jika cepat rambat bunyi di udara 347 m/s, hitunglah jarak antara si A dan halilintar terjadi!
6. Tuliskan jenis-jenis bunyi berdasarkan frekuensinya!
1 Pada sebuah gelombang terdapat 3 bukit dan 2 lembah. Jarak antara bukit yang berdekatan adalah 5 m      dan periodenya 3 sekon. Berapakah panjang gelombang dan kecepatan gelombang tersebut?
2. Sebuah tali dengan panjang 8 m digerakkan turun naik pada salah satu ujungnya. Ketika tali tersebut membentuk dua bukit dan dua lembah selama 4 sekon, berapakah panjang
gelombang, periode, frekuensi, dan kecepatan gelombang tersebut?
3. Perhatikan gambar di bawah ini!








Waktu yang dibutuhkan gelombang longitudinal untuk merambat dari R ke S yang berjarak 6 meter adalah 2 sekon. Tentukan:
             a. periode gelombang,
             b. cepat rambat gelombang!
4. Pengukuran kedalaman laut menggunakan gelombang bunyi dilakukan dengan merambatkan bunyi ke dalam air. Cepat rambat gelombang bunyi di air laut adalah 1.500 m/s. Jika penerima bunyi pantul menerima bunyi pantulan setelah 3 detik, berapa kedalaman laut tersebut?
5.     a. Sebutkan tiga contoh pemanfaatan gelombang dalam teknologi! Berikan penjelasan!
        b. Bagaimana resonansi terjadi? Sebutkan kejadian dalam keseharian yang merupakan
contoh peristiwa resonansi!

1. Jelaskan terjadinya pemantulan bunyi!
2. Tuliskan hukum pemantulan!
3. Apa yang dimaksud gema dan gaung?
4. Sebuah kapal akan mengukur kedalaman laut. Kapal laut tersebut memanfaatkan gelombang bunyi yang dirambatkan di dalam air. Alat yang digunakan menangkap gelombang pantul dari dasar laut mencatat selang waktu 1 detik mulai dari gelombang bunyi dikirim sampai diterima kembali. Hitunglah kedalaman laut tersebut! (Diketahui cepat rambat gelombang bunyi di air = 1.500 m/s)
5. Jelaskan mengapa suatu benda dapat ikut bergetar karena getaran benda lain!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar